Sunday, September 20, 2020

Essay: Hutan Menopang Kehidupan di Bumi

Ni Made Ayu Suci Pebrianti

Hutan adalah sumber kehidupan bagi manusia, karena dihutan ada berbagai macam kebutuhan yang diperlukan manusia sehari-hari. Hutan memiliki berbagai manfaat seperti: 1) sebagai tempat hidup (habitat) satwa dan tumbuhan, 2) mengatur peredaran air dalam tanah, 3) dapat menghasilkan gas oksigen (O2) yang sangat di butuhkan oleh manusia dan mahkluk lainnya untuk bernapas. 

Hutan ialah rumah bagi keanekaragaman hayati yaitu flora dan fauna serta sumber kebutuhan dan penopang ekonomi bagi manusia. Hutan sangat dibutuhkan bagi mahkluk hidup terutama manusia yang mengambil hasil hutan berupa kayu maupun bukan kayu, yang dipakai sebagai salah satu sumber bahan kayu bakar, bahan konstruksi bangunan, dan alat alat rumah tangga. Sedangkan hewan memanfaatkan hutan sebagai tempat berlindung dan berburu mencari makan. 

Hutan menyediakan air yang esensial bagi manusia dan tumbuhan. Manusia sangat tergantung pada hutan karena bisa memenuhi penghasilan ekonominya. Hutan melindungi iklim di planet kita, melindungi kita dari banjir dan erosi tanah. Pohon-pohon yang terdapat di hutan juga bisa dijadikan obat oleh manusia. Untuk itu, pemerintah maupun perusahaan-perusahaan yang selama ini memanfaatkan hutan mencanangkan untuk melindungi hutan yang tersisa. 

Pada kenyataannya kerusakan hutan-hutan (deforestrasi) dunia semakin memprihatinkan. Hutan memiliki peran penting di bumi, oleh karena itu, kita sebagai manusia harus bisa menjaga hutan dengan baik agar hutan kita tidak rusak. Oleh karena itu kita tidak boleh menebang pohon sembarangan karena itu bisa menyebabkan bencana alam. Coba kalian bayangkan jika tidak ada hutan maka penghasilan ekonomi manusia akan menurun dan hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya akan punah dan mati. 

Maka dari itu, mari kita jaga agar hutan kita tetap lestari, sehingga tidak terjadi bencana. Jika ingin hutan lebih lebat maka kita harus menanam pohon kembali agar tumbuh-tumbuhan di dalamnya bisa kita atau anak anak kita nanti manfaatkan. 


Pesan saya: Mari kita jaga hutan kita supaya tidak rusak

No comments:

Post a Comment

Puisi Sebuah Harapan

Sebuah Harapan Tubuhku bagaikan kertas melayang Rapuh dan luka berbekas Kuberdoa kepada Tuhan Izinkan aku menutup mata Namun ... Suara orang...