Sunday, September 20, 2020

Essay: Hutan Menopang Kehidupan di Bumi

Ni Putu Ayu Padmawati


Hutan adalah suatu lahan/sumber daya bagi kehidupan manusia, karena di dalam hutan ada pepohonan dan tumbuhan lainnya yang memiliki berbagai manfaat. Manfaat hutan, yaitu; 1) menjaga keseimbangan iklim, 2) menjadi paru-paru dunia, dan 3) menjaga keanekaragaman hayati. Hutan juga merupakan sumber kegidupan terbesar di bumi. Di dalam hutan ada banyak ekosistem, salah satunya ekosistem sumber daya alam hayati yang dipenuhi dengan tumbuhan seperti pohon jati, bunga, pohon mangga, dan pohon-pohon lainnya.

Hutan ini mempunyai banyak manfaat bagi makhluk hidup, seperti hewan menggunakan hutan untuk berteduh dan mencari makanan, sedangkan manusia menggunakan hutan untuk mencari makan, seperti buah-buahan, sayuran, dan air. Buah dan sayuran tersebut akan diolah oleh manusia menjadi makanan siap santap. Sedangkan hewan tidak perlu mengolah makanannya sebab hewan biasanya langsung memakan dari pohon atau setelah dipetik.

Selain bahan makanan, di hutan juga terdapat bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat obat-obatan. Ada banyak bahan herbal yang digunakan untuk membuat obat, seperti; Kunyit, Jahe, Kayu manis, Temu lawak, Lidah buaya, Lengkuas, dan lainnnya.

Selain bahan makanan dan obat-obatan, hutan juga sebagai penghasil oksigen yang utama bagi manusia dan hewan. Oksigen sangatlah penting bagi kehidupan makhluk hidup. Tanpa adanya oksigen maka tidak akan pernah ada kehidupan di Bumi.

Bagaimana hutan menopang kehidupan di bumi? Hutan menopang kehidupan di Bumi yaitu dengan menyediakan kebutuhan makhluk hidup seperti; sumber makanan, obat obatan, oksigen dan lain-lain. Tak heran jika manusia dan makhluk hidup lainnya menjadikan hutan sebagia penopang kehidupan mereka. Sebab kebutuhan mereka sudah tersedia di dalam hutan. Untuk itu, marilah kita jaga hutan dan lakukan reboisasi pada hutan yang gudul.

No comments:

Post a Comment

Puisi Sebuah Harapan

Sebuah Harapan Tubuhku bagaikan kertas melayang Rapuh dan luka berbekas Kuberdoa kepada Tuhan Izinkan aku menutup mata Namun ... Suara orang...