Sunday, September 20, 2020

Essay: Hutan Menopang Kehidupan di Bumi

Ni Kadek Eva Yuliartini

Hutan melindungi iklim di planet kita, melindungi kita dari banjir dan erosi tanah. Hutan juga menyediakan air yang sangat esensial bagi hidup manusia dan menumbuhkan tanaman-tanaman pangan kita. Hutan juga menyediakan sumber-sumber tanaman obat yang sangat berharga. Hutan adalah rumah bagi keanekaragaman hayati, flora, dan fauna, serta sumber makanan dan penopang ekonomi bagi masyarakat setempat. Lebih dari itu, bagi kita bangsa Indonesia, hutan-hutan dan keanekaragaman hayati serta budaya bersumber daripadanya, yang terhampar dari Sabang sampai Merauke merupakan anugerah Tuhan dan identitas terkuat bangsa ini.

Keberadaan hutan Indonesia tidak saja berpengaruh terhadap lingkungan hidup Indonesia, namun juga berpengaruh terhadap lingkungan hidup global, mengingat secara luasan hutan tropis Indonesia merupakan Negara dengan luasan nomor 3 terbesar di dunia. Dengan hutan tropis yang sangat luas, setelah Brazil dan Republik Demokratik Congo, peran Indonesia diperhitungkan secara internasional.


No comments:

Post a Comment

Puisi Sebuah Harapan

Sebuah Harapan Tubuhku bagaikan kertas melayang Rapuh dan luka berbekas Kuberdoa kepada Tuhan Izinkan aku menutup mata Namun ... Suara orang...