Sunday, September 20, 2020

Essay: Hutan Menopang Kehidupan di Bumi

Ni Kadek Nuriani

Sebelumnya tentu kita sudah mengetahui bahwa hutan merupakan tempat dimana berbagai jenis tumbuhan dengan bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda bisa tumbuh berdampingan dan bersimbiosis satu sama lain. Hutan menutupi sepertiga daratan di muka bumi dengan berbagai bentuk tipe hutan, ada yang dinamakan hutan Hujan Tropis di Kalimantan, Hutan Mangrove di daerah Cilacap, Hutan Borea di kawasan Lingkar Kutub, dan berbagai tipe hutan lainnya. Semua memiliki karakteristik tersendiri dan berbagai peran dalam menopang kehidupan di Bumi.

Sungguh tak terhingga peran hutan bagi kehidupan. Hutanlah yang menjaga air sebelum akhirnya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Hutanlah yang menyediakan udara segar agar kita bernapas dengan nyaman. Hutan menyediakan berbagai jenis obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kertas dan baju yang kita gunakan ternyata juga berasal dari Hutan. Sejak dahulu hingga sekarang hutan masih dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak dengan kayu yang dihasilkannya. Hutan yang berjuang agar iklim di Bumi tetap stabil. Binatang-binatang bahkan manusia menjadikan hutan sebagai tempat tinggal.

Melihat banyaknya peran yang dijalankan oleh hutan sudah seharusnya membuka mata kita bahwa keberadaan hutan harus dipertahankan. Menanam pohon nampaknya menjadi keharusan bagi kita. Keserakahan umat manusia yang telah mengeksploitasi hutan secara besar-besaran di masa lalu, mau tidak mau harus dibayar oleh umat manusia yang hidup saat ini. Agar anak cucu kita memperoleh manfaat dari hutan, sungguh miris jika kita terlupa dengan kelestarian hutan karena begitu banyak manfaat hutan bagi makhluk hidup di muka bumi. Hutanlah yang yang mencegah erosi dan banjir, pepohonan lebat yang menjulang tinggi mempunyai akar kuat yang mampu menyerap air tanah dengan baik sehingga mencegah terjadinya banjir. Selain itu, hutan ternyata dapat difungsikan sebagai tempat wisata edukasi. Keindahan panorama, daerah yang sejuk, asri,dan keanekaragaman flora dan fauna yang ada di hutan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melepas penak hiruk pikuk perkotaan.

Sumber daya hutan Indonesia merupakan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai penyangga kehidupan manusia melalui berbagai fungsinya. Manfaat hutan di muka bumi ini sangat banyak, seperti; membersihkan udara, menciptakan lapangan kerja, dan sebagainya yang telah dijelaskan sebelumnya. Dapat dikatakan, bahwa hutan merupakan sesuatu yang vital untuk menopang kehidupan manusia di Bumi. Tanpa Hutan mungkin tidak ada kehidupan di Bumi.

No comments:

Post a Comment

Puisi Sebuah Harapan

Sebuah Harapan Tubuhku bagaikan kertas melayang Rapuh dan luka berbekas Kuberdoa kepada Tuhan Izinkan aku menutup mata Namun ... Suara orang...